Selasa, 30 Juli 2019

Pulau Bidadari, Tujuan Wisata Masyarakat Jakarta yang Penuh Riwayat

Umumnya masyarakat Jakarta mungkin telah familiar dengan paket wisata tiga pulau bersejarah di Kepulauan Seribu. Ditambah lagi bila bukan Pulau Onrust, Cipir, serta Kelor. Berpose di muka Benteng Martello salah satu kegiatan ‘wajib’ paket itu. Walau sebenarnya ada lagi satu pulau yang tidak kalah indah serta bersejarah, yaitu Pulau Bidadari.Terletak cuma 15 km. dari Jakarta. Kamu dapat meraihnya dengan naik speedboat dari Dermaga Marina Ancol dengan lama perjalanan seputar 20 menit. Pulau yang dahulu dinamakan Purmerend oleh pemerintah Hindia Belanda itu bersisihan dengan Pulau Onrust, Kelor, serta Cipir.

Semenjak 1972, pengendalian Pulau Bidadari diambil pindah oleh PT Seabreez Indonesia, anak perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Sudah sempat tidak berpenghuni sepanjang 30 tahun lebih, pulau seluas 6 hektar itu lalu dirubah jadi resor wisata, manfaatkan pemandangan alamnya yang mengagumkan.Tetapi jauh sebelum itu, Pulau Bidadari ialah saksi bisu perjalanan riwayat Tanah Air. Pada 1679, VOC membuat rumah sakit di pulau itu. Masyarakat yang terjangkit penyakit lepra serta kusta dikarantina disana serta jadi asal mula pulau itu disebutkan pulau sakit atau purmerend dalam Bahasa Belanda.Pulau itu jadi yang terlebih dulu terkena waktu ada serangan ke Batavia. Pada 1800 serta 1806, Inggris menyerang Pulau Bidadari sampai hancur amburadul. Pada 1827, pemerintah Hindia Belanda kembali membuat infrastruktur disana dengan manfaatkan tenaga tahanan untuk membangun asrama haji.

Asrama haji itu dipakai jadi peristirahatan calon haji yang akan pergi ke Mekkah dengan kapal. Bekerja sampai 1933, asrama itu pada akhirnya ditutup. Mendekati kemerdekaan Indonesia sampai 1970, Pulau Bidadari dibiarkan tidak berpenghuni. Tetapi sampai sekarang, pengunjung masih dapat lihat tersisa bangunan Menara Martello, simbol warisan riwayat peninggalan kolonial Belanda di pulau itu. Diurus jadi tujuan wisata, pulau itu selanjutnya bertukar nama pada awal 1970-an jadi Pulau Bidadari yang dipandang sebagai wakil keindahan alamnya. Dibuatlah satu resor untuk menganakemaskan pelancong. Semenjak pertama-tama berdiri, Bidadari Eco Resort sedikit beralih hingga PT Seabreez Indonesia putuskan untuk merombaknya di akhir 2017 kemarin. Ide yang diusung ialah The Soul of Batavia. Faktor budaya Betawi yang lekat dengan masyarakat Jakarta akan digabungkan dengan kehebatan tehnologi. Pengaturan lagi resor itu akan memberikan tambahan sentuhan digital pada infrastrukturnya.

Dengan hadirnya nuansa baru di Pulau Bidadari, kami mengharap pengunjung bisa bernostalgia dengan masa lalu Jakarta tempo dahulu, namun modern. Hingga pengunjung dapat rasakan pengalaman yang baru serta berlainan liburan di pulau ini. Diperkirakan revitalisasi ini akan dituntaskan pada ulang tahun Jakarta yang ke 491 tahun ini.

Tidak itu saja, Pulau Bidadari akan ditargetkan jadi pulau berbasiskan budaya serta digital. Pencanangan jadi tonggak awal revitalisasi wisata Pulau Seribu sekaligus juga menyongsong HUT Jakarta serta acara Asian Games 2018 akan datang. Gagasannya akan didatangi Wakil Gubernur Propinsi DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Pulau Air, Wisata Alam Kota Jakarta di Kepulauan Seribu yang Pas Untuk Camping 

Kota Jakarta jadi jantung Ibukota negara Indonesia serta jadi kota metropolitan nomor satu di Indonesia mempunyai banyak obyek wisata baik wisata budaya atau wisata alam. Temukan obyek wisata alam di Kota Jakarta bukan masalah yang benar-benar gampang mengingat kota yang satu ini makin padat serta makin ramai. Tetapi tidak butuh cemas buat Anda yang bertempat di Jakarta serta ingin nikmati wisata alam dapat bertandang ke Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu mempunyai banyak pulau – pulau kecil yang dapat didatangi dari yang tidak berpenghuni sampai berpenghuni.Nah satu diantara pulau yang dapat Anda datangi saat hari libur datang ialah Pulau Air. Pulau Air adalah pulau yang terdapat di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Di pulau ini Anda dapat temukan keindahan alam yang benar-benar memikat. Tidak hanya keindahan alam yang bisa menganakemaskan mata Anda, ada kekhasan yang dapat Anda dapatkan yakni pulau ini terdiri jadi dua hingga menyuguhkan pesona alam yang tidak dapat Anda dapatkan di object wisata yang lain. Air yang lewat dibagian dalam pulau jadikan panorama pulau jadi benar-benar indah seolah – akan melewati ke-2 pulau yang terpisah.

Keindahan bawah laut nya juga tidak kalah indahnya dengan pulau – pulau yang lain hingga Anda dapat lakukan snorkeling di lokasi ini. Dengan beraktivitas snorkeling karena itu kamu dapat lihat keindahan biota laut serta terumbu karang yang benar-benar menakjuban. Tujuan wisata di Pulau Air dapat Anda untuk jadikan satu diantara arah wisata untuk lakukan berlibur sesudah satu pekan melakukan aktivitas di kantor. Situasi macet dimana – mana dapat Anda lupakan sesaat saat telah bertandang ke pulau ini ditambah lagi bila Anda ajak keluarga atau rekan untuk lakukan camping di lokasi pulau itu.

Ditanggung pemikiran stress Anda sesudah satu pekan repot melakukan aktivitas akan hilang sesudah lihat keindahan alam di Pulau Air ini. Tetapi sebelum Anda lakukan camping di Pulau Air ini makam Anda harus minta izin lebih dulu pada pemiliknya sebab Pulau Air ini punya pribadi. Pulau Air termasuk pulau yang tidak berpenghuni hingga benar-benar nyaman dipakai untuk lakukan camping. Lingkungan nya yang masih asri serta jauh dari hiruk pikuk keramaian membuat Anda tenang liburan.

Bila ingin berkemah di Pulau Air ini, Anda harus menyiapkan semua sesuatunya sebab dapat disebut camping di sini seperti camping di alam bebas. Sebab pulau ini tidak berpenghuni karena itu sarana nya juga belum mencukupi seperti MCK serta tidak terdapatnya air tawar membuat Anda harus tambahan menyiapkan semua sesuatunya dengan sebaik-baiknya. Persediaan air tawar serta makanan jadi hal yang penting saat Anda ingin lakukan camping di Pulau Air.

Tidak cuma suplai air tawar saja yang belum ada tetapi listrik belumlah ada di pulau ini karena itu pilihan yang dapat Anda kerjakan ialah menyalakan api unggun dengan ranting – ranting pohon yang berada di lokasi seputar. Untuk ke arah Pulau Air, perjalanan bisa ditempuh dengan memakai perahu motor dari Jakarta dengan habiskan waktu seputar 2,5 jam. Awalnya, Anda akan transit lebih dulu di Pulau Tidung atau Pulau Pramuka. Kemudian, perjalanan akan diteruskan dengan perahu nelayan agar bisa nikmati keindahan Pulau Air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar